Sidoarjo Kota UKM, Informasi Usaha Kecil dan Menengah Sidoarjo 

Facebook Twitter Gplus RSS

Sulit, Perpanjangan Masa Jabatan Kades Pada Tahun 2013

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Datangnya momen pemilihan Gubernur Jawa Timur pada Agustus 2013 mendatang, nampaknya tidak berpengaruh terhadapa  Pilkades di Kabupaten Sidoarjo yang masa jabatan Kades-nya habis pada tahun 2013 ini.

Ali Imron 150x150 Sulit, Perpanjangan Masa Jabatan Kades Pada Tahun 2013

Ali Imron

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo Ali Imron menegaskan, Pemkab Sidoarjo tetap akan menggelar Pilkades bagi desa yang jabatan kades-nya habis pada tahun 2013 ini.

“Pemkab Sidoarjo tetap menggunakan aturan lama tentang pemerintahan desa yang mengatur Pilkades tahun 2013.Jadi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk Sidoarjo jalan terus,” tegasnya.

Soal beberapa Kades yang mengajukan perpanjangan masa jabatan atau setidaknya menjadi Pejabat Sementara(Pjs) selama pelaksanaan Pilgub, Ali menyatakan hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Sebab selain tidak sesuai aturan, berdasarkan surat Kemendagri Pilkades bisa dilakukan di desa-desa yang masa jabatan Kades berakhir tahun ini.

“Surat penegasan dari Kementerian dalam negeri tertanggal 10 Juli 2012 dalam poin dua menegaskan bilamana kepala desa telah habis masa jabatannya, secara otomatis harus ditetapkan keputusan bupati/wali kota tentang pemberhentian Kades sesuai dengan mekanisme,” tuturt Ali.

Untuk point ke tiga yang menyebutkan  bila berkenaan dengan langkah Pemda untuk menunda pelaksanaan Pilkades karena waktu yang hampir bersamaan/berdekatan dengan Pilkada.

Pada prinsipnya dapat dipertimbangkan secara obyektif, dengan penundaan selama 6 bulan.

“Tetapi di Sidoarjo tahun 2013 ini tidak ada Pilkada, jadi point ketiga itu tidak berlaku,” tegasnya.

Menurut Ali Imron,  Pemkab Sidoarjo di tahun 2013 ini akan ada Kades yang habis masa jabatannya sebanyak 178 desa dan tersebar di 18 kecamatan.

Pihak Pemkab Sidoarjo juga telah menyediakan anggaran Pilkades sebesar Rp2,843 miliar.

“Mereka juga diberikan tunjungan masa purna bakti sebesar Rp10 jutaan per Kades. Bukan hanya itu, bantuan biaya pelantikanpun juga disediakan oleh Pemda sebesar Rp445 juta, masing-masing Rp2,5 juta, ” ujarnya.(Abidin)

kabarsidoarjo.com » Politik & Pemerintahan

perpanjangan masa jabatan pejabat sementara kepala desa,perpanjangan masa jabatan pjs di desa,Surat perpanjangan masa jabatan kepala desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home Sidoarjo Sulit, Perpanjangan Masa Jabatan Kades Pada Tahun 2013